Blog

ATM (Automated Teller Machine)

Senin, 14 Desember 2009 - - 0 Comments

Last modified: Wednesday, February 26, 2003 Last modified: Rabu, Februari 26, 2003

Sebuah mesin anjungan tunai atau ATM memungkinkan nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan mereka dari hampir semua mesin ATM lain di dunia. Seperti sering terjadi dengan penemuan, banyak penemu berkontribusi pada sejarah sebuah penemuan, seperti halnya dengan ATM. R Baca setiap halaman dari artikel ini untuk belajar tentang banyak penemu di belakang mesin anjungan tunai atau ATM.

Luther Simjian vs John Shepherd-Barron vs Don Wetzel Luther Simjian vs John Shepherd-Barron vs Don Wetzel Pada tahun 1939, Luther dipatenkan Simjian awal dan tidak begitu sukses prototipe dari ATM.

Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa Yakobus Goodfellow Skotlandia memegang paten tanggal awal tahun 1966 untuk ATM modern, dan John D White (juga Docutel) di Amerika Serikat seringkali dianggap berjasa dengan penemuan pertama berdiri bebas desain ATM. tahun 1967, John Shepherd-Barron ditemukan dan dipasang ATM di Barclays Bank di London. Don Wetzel menciptakan ATM Amerika yang dibuat pada tahun 1968.

Namun, itu tidak sampai pertengahan hingga akhir 1980-an bahwa ATM menjadi bagian dari arus utama perbankan.

Luther Simjian's ATM Luther Simjian ATM
Luther Simjian muncul dengan gagasan menciptakan "lubang-in-the-dinding mesin" yang akan memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan. Pada tahun 1939, Luther Simjian diterapkan selama 20 paten terkait dengan penemuan dan lapangan ATM diuji mesin ATM-nya di tempat yang sekarang Citicorp. Setelah enam bulan, bank melaporkan bahwa ada sedikit permintaan untuk penemuan baru dan dihentikan penggunaannya.

Simjian Luther lahir di Turki pada tanggal 28 Januari 1905. While he studied medicine at school, he had a life-long passion for photography . Sementara ia belajar kedokteran di sekolah, ia memiliki gairah seumur hidup untuk fotografi. In 1934, the inventor moved to New York. Pada tahun 1934, penemu pindah ke New York.

Luther Simjian terkenal karena penemuan Bankmatic mesin anjungan tunai atau ATM, bagaimanapun, pertama Luther Simjian penemuan komersial besar adalah diri berpose dan memfokuskan diri kamera potret. Subjek mampu melihat cermin dan melihat apa yang dilihatnya kamera sebelum foto diambil.

Simjian luther juga menemukan sebuah indikator kecepatan penerbangan untuk pesawat terbang, metering perangko otomatis mesin, berwarna x-ray mesin, dan sebuah TelePrompTer. Mengkombinasikan pengetahuan kedokteran dan fotografi, Simjian Luther menemukan cara untuk memproyeksikan gambar dari mikroskop, dan metode memotret spesimen di bawah air.

Luther sendiri Simjian memulai perusahaan bernama Reflectone untuk lebih mengembangkan penemuannya.

Pendek untuk A sinkron T ransfer M ode, sebuah jaringan berbasis teknologi mentransfer data dalam sel atau paket ukuran yang tetap. Sel yang digunakan dengan ATM relatif kecil dibandingkan dengan satuan yang digunakan dengan teknologi yang lebih tua. Kecil, ukuran sel konstan ATM memungkinkan peralatan untuk mengirim video, audio, dan komputer data melalui jaringan yang sama, dan meyakinkan bahwa tidak ada satu jenis data garis babi.

Beberapa orang berpikir bahwa memegang ATM jawaban atas Internet bandwidth masalah, tetapi yang lain skeptis. ATM tetap menciptakan saluran, atau rute, antara dua titik setiap kali transfer data dimulai. Ini berbeda dari TCP / IP, di mana pesan dibagi menjadi paket-paket dan setiap paket dapat mengambil rute yang berbeda dari source ke destination. Perbedaan ini memudahkan untuk melacak dan tagihan penggunaan data di jaringan ATM, tapi itu membuat kurang beradaptasi dengan tiba-tiba dalam jaringan lonjakan lalu lintas.

Ketika membeli layanan ATM, Anda biasanya memiliki empat pilihan jenis layanan:
# kecepatan bit konstan (CBR): menentukan kecepatan bit yang tetap sehingga data yang dikirim dalam aliran. This is analogous to a leased line. Hal ini analog dengan leased line.
# kecepatan bit variabel (VBR): menyediakan kapasitas throughput tertentu namun data tidak dikirim secara merata. This is a popular choice for voice and videoconferencing data. Ini adalah pilihan populer untuk suara dan data videoconference.
# tersedia bit rate (ABR): menyediakan kapasitas minimum yang dijamin tetapi memungkinkan data yang akan bursted pada kapasitas yang lebih tinggi ketika jaringan gratis.
# Ini digunakan untuk aplikasi, seperti transfer file, yang dapat mentolerir penundaan.

Pentingnya Kartu ATM dan PIN

Karena cara kerja ATM seperti tersebut di atas, maka ada dua hal yang sangat penting untuk dijaga agar transaksi nasabah di ATM aman, yaitu: Kartu ATM dan PIN. Kedua perangkat ini seperti gembok pintu dan anak kuncinya. Satu dengan lainnya saling berhubungan erat.

Sebab itu pula, untuk menjaga keamanan, jangan pinjamkan Kartu ATM kepada orang lain untuk kepentingan apapun. Simpanlah Kartu ATM pada tempat-tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau orang lain.

Sedangkan untuk PIN, beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh nasabah dalam menjaga kerahasiaannya adalah:

• Jangan pernah memberitahukan PIN kepada orang lain

• Sedapat mungkin jangan sampai ada yang lihat saat kita meng-input PIN

• Ganti PIN secara berkala

• PIN jangan sesuatu yang mudah ditebak, misalnya tanggal lahir

• Jangan menyimpan surat pemberitahuan PIN dari bank di dalam dompet

• Jangan mencatat PIN dan menyimpannya dalam dompet

• PIN menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari pemilik rekening

PIN ini bersifat sangat pribadi, untuk itu artinya hanya diketahui oleh pemiliknya saja. Dengan menjaga kerahasiaan PIN maka nasabah menjaga keamanan rekeningnya sendiri.

Anjungan Tunai Mandiri mungkin istilah yang sedikit dipaksakan, karena transaksi yang bisa dilakukan di mesin ATM tidak melulu transaksi tunai atau penarikan uang. Tapi it's okay lah, aku gak begitu tertarik dengan istilah tersebut.


Beberapa jenis ATM:
1. ATM (Cash Dispenser) Front Load / Front Door (Buka Depan)
2. ATM (Cash Dispenser) Rear Load / Rear Door (Buka Belakang)
3. ATM (Cash Dispenser with Depository), ATM dengan fasilitas setoran
4. dan jenis lainnya dengan perlengkapan optional disediakan oleh Vendor ATM


Merek ATM:
1. IBM Diebold
2. NCR
3. Siemens
4. Digital
5. dll...


Aku sendiri biasa mendevelop aplikasi dengan bantuan mesin ATM NCR dan IBM Diebold. Type-nya, untuk NCR adalah NCR 5670, NCR 5870. Sedangkan untuk IBM Diebold adalah Diebold 4783, Diebold 1064ix.


Mesin ATM terdiri dari 2 bagian:
a. Bagian Atas (Upper Compartement):
- Monitor
- Customer keypad
- Card reader
- Journal printer
- Receipt Printer

b. Bagian Bawah (Lower Compartement):
- Combination lock
- Dispenser module
- Cash cassette
- Reject cassette
- CPU



This entry was posted on 14.12.09 You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: